Sabtu, 01 Desember 2012

NASIONALISME SEPAK BOLA

Beberapa hari terakhir ini saya menikmati tayangan sepak bola dalam kejuaraan AFF (Federasi Sepak Bola  Asia Tenggara) yang di dalam babak penyisihannya dilaksanakan di Stadion Bukit jalil Malaysia. Dimana di pertandingan sebelumya Indonesia hanya mampu main imbang melawan Laos dengan skor 2-2, dan dipertandingan kedua mampu mempermalukan Singapura dengan skor 1-0 atas kemenangan Indonesia.

Nah.. kembali dimalam ini (1 Desember 2012) Indonesia kembali harus bertemu Team Malaysia yang menjadi musuh bebuyutan dengan situasi yang sudah dipastikan akan memanas, apalagi sejak beredarnya video tentang penghinaan oleh suporter Malaysia terhadap Tanah air Indonesia. 

Bagaimana sepakbola bersatupadu dengan rasa nasionalisme yang begitu menggelegar. Saya melihat bagaimana supporter begitu gegap gempita mendukung tim kesayangannya. Dan saya menjadi senang ketika melihat di dalam tayangan televisi bagaimana seorang supporter menunjukkan nasionalisme yang tinggi. 

Namun demikian, yang sangat menarik adalah ketika sepak bola bisa menjadi instrumen untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Kemenangan demi kemenangan yang diraih oleh tim Indonesia ternyata bisa menjadi medium untuk membangkitkan semangat nasionalisme bagi warga Indonesia.
Jadi dengan membentuk tim sepak bola yang kuat dan disegani di kawasan Asia Tenggara saja, maka rasa nasionalisme itu akan terbentuk. Menpora, Andi Malarangeng, tentu merasakan bagaimana sepak bola bisa menjadi medium kebangkitan nasionalisme tersebut. 

pertanyaannya.... mengapa rasa Nasionalisme ini hanya ada disaat Pertandingan sepakbola? mengapa kita (masyarakat Indonesia) bisa marah karena Malaysia membuat yel-yel seperti dalam cuplikan video youtube diatas? sedangkan sebagian besar masyarakat di Negara kita justru melakukannya lebih buruk dari itu dan banyak menghujat Negara kita sendiri.

Apapun itu, mari kita pisahkan dulu antara kepentingan politik dalam negeri dengan semangat Nasionalisme didalam pertandingan sepakbola.

 Bravo Team Nasional Indonesia, Taklukkan Harimau Malaysia!! GARUDA DIDADAKU!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar